Pertama Kali Menyembelih, Langsung Sapi dari Kementrian PUPR

Salah satu dari 8 sapi yang disembelih pada Sabtu (01/08/2020) di Pondok Pesantren Terpadu Darul ‘Amal Jampangkulon merupakan sapi kurban dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Adalah Ust. Irfan Saeful Fajri yang ditugaskan sebagai penyembelih sapi tersebut. Baginya, Hari Raya Idul ‘Adha tahun 1441 H ini pertama kalinya bertugas sebagai penyembelih, setelah sebelum-sebelumnya menjadi bagian acara.

Selain menyembelih sapi, sehari sebelumnya (31/07/2020) beliau juga menyembelih 11 ekor domba dari program Tebar Hewan Kurbannya Dompet Dhuafa di tempat yang sama. Itu pun untuk pertama kalinya beliau menyembelih domba. Sehingga bisa dikatakan, sebelum menyembelih sapi beliau sudah terlebih dahulu berlatih dengan menyembelih domba.

Sebenarnya, jauh sebelum itu, di pondok pesantrennya dahulu, yang mana beliau merupakan alumni Pondok Pesantren Terpadu Darul ‘Amal Jampangkulon angkatan ke-9, beliau sudah pernah melakukan praktek penyembelihan hewan yaitu ketika mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hanya saja yang disembelih adalah ayam, sehingga tingkat kesulitannya berbeda dengan menyembelih hewan ternak yang lebih besar seperti domba atau sapi. “Menyembelih sapi penuh perjuangan dan menguras banyak tenaga” tuturnya, ketika ditanya bagaimana kesan pertama kali menyembeli sapi.

Beliau juga menyampaikan beberapa tips bagi yang mau belajar menyembelih hewan ternak menurut pengalamannya yaitu: “pertama, lihat tutorial menyembelih dari internet (Youtube misalnya), kedua, banyak bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman menyembelih domba atau sapi, ketiga, siapkan golok yang tajam, dan keempat, jangan lupa menyiapkan tenaga dan mental yang kuat” katanya.

 

 

(4) Comments

  • Admin bar avatar
    Febri Maswandi August 31, 2020 @ 3:10 AM

    Subhanallah, semoga berkah

  • Admin bar avatar
    Ujang Muhamad Hidayatuloh August 31, 2020 @ 2:46 PM

    Wah, teman seangkatan saya, alhamdulillah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X