Profil

Juhdi Rifa’i, S. Th. I., MA.,

Kepala Pondok Pesantren Terpadu Darul ’Amal

Biografi

Lahir di kampung Jagamukti, Surade, Sukabumi, 20 Agustus 1982, dari pasangan Ahmad Ansori dengan Sukanah. Pendidikan formalnya mulai ditempuh dengan menamatkan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di kampung halamannya, Jagamukti, tahun 1989–1995. Kemudian dia melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Pasiripis, tahun 1995-1998. Selama sekolah di madrasah ini, dia menyempatkan untuk mendalami dasar-dasar ilmu Nahwu dan Sharaf di bawah bimbingan Kyai Ahyan Mushtafa (Tatah Emush) almarhum, di Cimaja, Surade. Setelah tamat dari madrasah ini, kemudian dia melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Surade. Di sekolah tingkat lanjutan atas ini, dia hanya sampai kelas 2 (1998 – 2000). Selama 2 tahun ini, dia sempat mondok di pesantren Al-Anwar Surade di bawah bimbingan KH. Aang Baden Badruzaman dan Kyai Zarkasyi; dan di pesantren Al-Taufiqiyah, Cibitung,  Surade, di bawah bimbingan Kyai Akmal. Pada tahun 2000 dia pindah ke Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) Darusalam, Ciamis, Jawa Barat. Di pesantren inilah dia menimba ilmu di bawah bimbingan KH. Irfan Hielmy almarhum. Meskipun hanya 1 tahun, bimbingannya tampak memberi pengaruh yang besar dalam hidupnya. Dari situlah dia berkeyakinan, bahwa santri itu bukan hanya harus menguasai ilmu dasar keislaman, tetapi ia pun harus bisa berdaptasi dengan kemajuan zaman yang semakin modern.

Dengan tekad yang kuat untuk mendalami ilmu-ilmu agama, setelah lulus dari Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) Darusalam, Ciamis (2001), dia kemudian melanjutkan studinya di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, dengan memilih jurusan Tafsir Hadis. Dalam belajar agama Islam, modal tekad saja ternyata tidak cukup, tetapi perlu biaya kuliah yang memadai. Inilah yang dirasakannya ketika baru masuk kuliah di universitas tersebut. Alhamdulillah, di saat terhimpit kesulitan biaya, dia dipertemukan oleh Ust. Nasrullah, S.H.I., dengan seorang santri sukses asal kelahirannya, Sukabumi, Dr. KH. Umay M. Dja’far Shiddieq, MA. Berkat kasih sayang Pak Umay (sapaan akrab untuk Dr. KH. Umay M. Dja’far Shiddieq, MA), dia diangkat menjadi anak asuhnya. Berkat bantuan beliau juga, dia dipertemukan dengan orang tua asuh lainnya, seperti Ibu Raihanah (al-marhumah), dan sebagainya. Maka wajar, bila kuliahnya relatif lancar. Sehingga pada tahun 2005 kemudian, kuliahnya di S1 lulus dengan yudisium cumlaude.

Belajar agama Islam, baginya, tidak cukup hanya di perguruan tinggi saja, tetapi harus mondok di pesantren. Atas dasar keyakinan ini juga, seiring dengan kuliah di S1, dia memutuskan untuk mondok di Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunah yang memang tidak jauh dari kampus UIN Syarif Hidayatullah. Di pesantren Darus-Sunnah inilah, dia mendapat bimbingan dari Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA., terutama dalam kajian Hadis dan Ilmu Hadis. Berkat bimbingan seorang Guru Besar dalam bidang Ilmu Hadis itu, pada tahun 2005 juga, dia lulus dari pesantren Darus-Sunnah dengan mendapatkan ijazah Licance (Lc) dalam Ilmu Hadis.

Setelah menyelesaikan S1 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunah Jakarta, dia kemudian kembali ke kampung halamannya untuk mengabdikan diri dengan mengamalkan ilmunya di Pesantren Terpadu Darul ’Amal, Jampangkulon, Sukabumi. Satu tahun kemudian (tahun 2006), lagi-lagi dengan bantuan Pak Umay, dia melanjutkan studinya di Sekolah Pascasarjana (S2) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan memilih konsentrasi Tafsir Hadis. Tiga tahun kemudian, tepatnya 16 Juli 2009, dia melangsungkan pernikahan dengan seorang gadis tambatan hatinya, Eha Susiawati, S. Pd. Sekitar delapan bulan setelah pernikahan tersebut, tepatnya pada hari Kamis, 11 Maret 2010 dia berhasil menyelesaikan studi S2 dengan judul tesis: Kajian Hadis Mudhtharib dalam Ilmu Mukhtalif al-Hadis. Dia sekarang dikaruniai seorang anak perempuan yang diberi nama; Najwa ‘Afwa Calista Dhiha.

Selain aktif mengajar sebagai guru di Pesantren Terpada Darul ‘Amal Sukabumi dan dosen Hadis & Ilmu Hadis di STAI Syamsul ‘Ulum Sukabumi, dia juga menulis beberapa karya ilmiah, di antaranya:

  1. Hermeneutika Hadis Menurut Syuhudi Isma’il (Skripsi, 2005)
  2. Kajian Hadis Mudhtharib dalam Ilmu Mukhtalif al-Hadis (Tesis, 2010)
  3. Meraih Ni’mat Shalat Khusyu’ (Alifbata, 2006)
  4. Mengenal Ilmu Hadis: Menjaga Kemurnian Hadis dengan Mengkaji Ilmu Hadis (Al-Guraba, 2008)
  5. Ilmu Nahwu Praktis untuk Pemula (Taushia, 2011)
  6. Mudah Belajar Ilmu Shorf (Taushia, 2012)
  7. ‘Ulumul Qur’an (sedang ditulis)

Dia sekarang tinggal di komplek perumahan guru, di Pesantren Terpadu Darul ‘Amal, Jl. Cikaso-Cinagen, Selajati, Rt. 02/ 01, Bojonggenteng, Jampangkulon, Sukabumi, 43178, Jawa Barat, telp. (0266) 490228. HP: 0815-112-718-32, alamat email:joehdirifai@yahoo.id. Di pesantren inilah, dia bercita-cita ingin menghabiskan masa hidupnya untuk mengamalkan ilmu yang didapatnya dengan menulis buku, mengajar, serta membimbing anak-anak santri. Wallahu a’lam.